7 Khasiat Air Rebusan Daun Kemangi dan Jahe

Gambar Kemangi dan Jahe

Khasiat Air Rebusan Daun Kemangi dan Jahe

Daun kemangi yang memiliki nama latin ocinum cannum merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap makanan dan lalapan saja, daun kemangi ini ternyata juga sangat baik untuk kesehatan.

Cara mengkonsumsi daun kemangi ini tidak hanya bisa dilakukan dengan memakan makanan yang ada daun kemanginya atau lalapan daun kemangi saja namun juga bisa dijadikan ramuan khusus. Apabila ingin mendapatkan khasiat dan manfaat air rebusan daun kemangi dan jahe. Bisa dicampur dengan susu dan dikonsumsi saat perut kosong.

Lalu apa saja khasiat dari air rebusan daun kemangi  dan jahe ini bagi kesehatan? Simak selengkapnya:                  

Manfaat Air Rebusan Daun kemangi dan Jahe

1. Antimikroba 

Daun kemangi bersifat antimikroba, termasuk efek anti-bakteri, antivirus, dan antijamur. Sifat antimikroba yang dimiliki kemangi dapat melindungi daya tahan tubuh terhadap berbagai patogen, dan mencegah infeksi.

2. Anti-Inflamasi 

Efek anti-inflamasi daun kemangi mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, mendukung respons imun.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Efek imunomodulator Jahe membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Kaya Antioksidan 

Penangkal radikal bebas dan memberikan perlindungan sel sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel.

5. Mengurangi Stres 

Jahe bertindak sebagai adaptogen yang menumbuhkan rasa sejahtera. membantu tubuh beradaptasi terhadap stres, Sistem kekebalan tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi ketika stres menekan fungsinya. Adaptogenik yang dimiliki jahe bisa mengurangi stress dan memperkuat respon imunitas 

6. Imunomodulator

Sifat imunomodulator dari daun kemangi tingkatkan daya tahan tubuh dari infeksi. Imunomodulator juga berperan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh bisa menjadi lebih prima dan bugar.

7. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan air rebusan kemangi dan jahe memiliki potensi untuk melancarkan aliran darah yang bisa membantu mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah, selain itu juga kandungan dari air rebusan daun kemangi dan jahe ini juga bisa menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang normal merupakan faktor penting dalam memelihara  kesehatan jantung.

Gambar Infografis Kemangi dan Jahe


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
/symbol>